Bologna (Antaranews Babel/Reuters) - Italia memerlukan gol penalti kontroversial yang dibukukan oleh gelandang Jorginho untuk mengamankan hasil imbang 1-1 dengan tamunya Polandia pada pertandingan Nations League yang berlangsung pada Jumat, pertandingan kompetitif pertama mereka di bawah asuhan Roberto Mancini.  

Polandia, yang tampil untuk pertama kalinya di bawah asuhan pelatih baru Jerzy Brzeczek, yang menggantikan Adam Nawalka menyusul tersingkirnya mereka di fase grup Piala Dunia, unggul terlebih dahulu melalui sepakan voli Piotr Zielinski lima menit sebelum turun minum.

Dengan para penonton yang semakin gelisah, Italia akhirnya mampu menyelamatkan diri dari kekalahan pada menit ke-78 ketika wasit memutuskan Jakub Blaszczykowski melanggar Federico Chiesa di kotak terlarang, meski tayangan ulang mengindikasikan pemain Polandia itu terlebih dahulu mendapatkan bola.

Pemain kelahiran Brazil Jorginho dengan tenang mengonversinya untuk membuat kedua tim mendapatkan satu poin dari pertandingan Liga A Grup Tiga tersebut.

Italia akan melawat ke markas tim juara Eropa Portugal pada pertandingan mereka selanjutnya di kompetisi baru UEFA ini pada Senin.

"Ini adalah pertandingan besar pertama maka ada beberapa kesalahan namun secara keseluruhan para pemain tampil bagus," kata Mancini.

Ia memberi kesempatan melakukan debut bagi bek kiri Fiorentina Cristiano Biraghi pada pertandingan kompetitif pertama Italia sejak hasil imbang 0-0 dengan Swedia pada Novembr, yang membuat mereka harus absen di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.
    
Tekel yang terlambat

Kapten Italia Giorgio Chiellini dengan cepat menorehkan tandanya terhadap penyerang Polandia Robert Lewandowski dengan tekel yang terlambat, yang membuat dirinya mendapat kartu kuning pada menit kedelapan namun hal itu gagal mencegah Polandia untuk tampil berbahaya pada serangan balik.

Kiper Italia Gianluigi Donnarumma melakukan dua penyelamatan penting untuk menggagalkan Zielinski pada 30 menit pertama, namun tidak berdaya untuk mencegah gol pemain Napoli itu pada menit ke-40.

Jorginho gagal menguasai bola, untuk kemudian bola digulirkan kepada Lewandowski di sisi kiri dan ia mengirimkan umpan silang ke tiang jauh yang disambut Zielinski yang tidak terkawal dengan sepakan voli.

Federico Bernardeschi, yang memiliki peluang terbaik Italia pada babak pertama ketika ia melepaskan tembakan melebar dari tepi kotak penalti, gagal memanfaatkan peluang dari posisi serupa setelah turun minum.

Mario Balotelli, yang satu-satunya kontribusinya di babak pertama merupakan tembakan yang melambung dan melebar, digantikan Andrea Belotti, meski Mancini menyadari bahwa sang penyerang masih kurang kesempatan bermain.

"Ia merupakan penyerang level internasional, ia hanya perlu bermain," ucapnya.

Italia kemudian terlihat lebih berbahaya dan memerlukan penalti untuk mengamankan satu poin, namun terdapat tanda-tanda yang membuat Mancini optimistis.

"Mereka semua adalah pemain-pemain yang dapat tampil baik di masa yang akan datang sebagaimana yang mereka perlihatkan di babak kedua," tambahnya.

Pewarta: Antara

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018