Koba  (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh, optimistis daerah yang dipimpinnya dapat meraih penghargaan Nirwasita Tantra KLH 2018.

"Bangka Tengah satu-satunya kabupaten di Babel yang masuk nominasi peraih penghargaan Nirwasita, kami optimistis bisa meraihnya," katanya di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan terkait komitmen dalam melestarikan dan mengelola lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

"Saya sendiri yang melakukan pemaparan terkait isu lingkungan di hadapan tim penilai Nirwasita. Presentasi berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan positif dari tim penilai," katanya.

Ibnu Saleh mengatakan, penghargaan itu menjadi suatu kebanggan bagi daerah jika berhasil meraihnya, karena merupakan penghargaan untuk yang pertama kalinya diraih daerah ini.

"Tentu ini sebuah keberhasilan bersama jika Bangka Tengah mendapatkan penghargaan Nirwasita, apalagi ini daerah pertambangan bijih timah," katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron mengatakan,??Nirwasita Tantra merupakan penghargaan di bidang administrasi lingkungan hidup dan penghargaan tertinggi di tingkat lingkungan hidup selain penghargaan Kalpataru bidang masyarakat dan penghargaan Adipura bidang lingkungan hidup.

"Tercatat sebanyak?11 kabupaten masuk nominasi, enam provinsi, 12 kota dengan total 29 provinsi/kota/kabupaten. Bangka Tengah sudah bisa dipastikan 90 persen meraih penghargaan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, hasilnya nanti akan diumumkan pada November 2018 bersama kabupaten dan provinsi lainnya di Indonesia yang masuk nominasi penerima penghargaan Nirwasita Tantra KLH 2018.

"Jika berhasil meraihnya maka ini sangat luar biasa, karena penghargaan itu diraih di tengah kencangnya isu pencemaran lingkungan akibat aktivitas penambangan bijih timah di daerah ini," katanya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018