Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung siap mengawal "torch relay" atau kirab obor Asian Para Games yang akan dilaksanakan di wilayah itu pada 26 September 2018.

"Untuk pelaksanaan kirab obor Asian Para Games nanti, kami akan melibatkan sekitar 500 personel. Khusus dari lalu lintas sekitar 75 personel dan sisanya personel Sabhara, Brimob dan lainnya," kata Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Dwi Asmoro di Pangkalpinang, Rabu.

Acara kirab obor Asian Para Games akan dimulai dari Jembatan Emas menuju Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang dengan jarak kurang lebih?sekitar 15 kilometer.

"Rute kirab obor Asian para Games ini dimulai dari Jembatan Emas menuju simpang kantor gubernur, Semabung, lanjut ke perempatan Semabung belok kanan menuju ke arah Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkapinang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas.

"Pengalihan arus lalu lintas buka tutup ini sifatnya sementara. Saat obor melewati Jalan Semabung, otomatis arus dari arah Air Itam melewati Simpang Tepekong untuk lurus ke arah Semabung kami belokkan ke kiri, tapi untuk arus dari simpang Semabung tetap dibuka normal seperti biasa," ujarnya.

Dikatakannya, dari kajian yang sudah dievaluasi pada pelaksaan Asian Games, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan, misalnya pada?saat Asian Games satu bus bisa membawa 30 atlet, namun pada kirab obor Asian Para Games satu bus hanya bisa mengangkut 10 atlet berikut kursi rodanya.

"terkait hal ini, Polda Babel akan mengirim BKO sebanyak 10 kendaraan patroli pengawal ke Polda Metro Jaya untuk membantu pengawalan transportasi, karena dibutuhkan sekitar 450 kendaraan pengawal pada pelaksanaan kirab obor Asian Para Games 2018," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018