Sungailiat (Antaranews Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta pihak rumah sakit mampu menangani satu jenis penyakit khusus sehingga dapat membantu masyarakat.

"Saya minta setiap rumah sakit memiliki ciri khusus, yakni dengan mampu menangani salah satu jenis penyakit," katanya di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, dengan kemampuan masing-masing rumah sakit mampu menangani penyakit khusus, tentu mempermudah masyarakat memilih layanan pengobatan sesuai dengan penyakitnya.

"Masyarakat memiliki hak dasarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit maupun pusat kesehatan lainnya," katanya.

Hal penting dalam hal kesehatan, kata bupati adalah pencegahan dini yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

"Masyarakat harus mampu menjaga kesehatan sebagai langkah awal pencegahan dini, karena untuk untuk mendapatkan sehat membutuhan biaya yang mahal," katanya.

Direktur RSUD DR Eko Maulana Ali, dr Aswin Hakim Lubis, menjelaskan mengenai High Care Unit (HCU) yang merupakan unit pelayanan di rumah sakit bagi pasien dengan kondisi stabil dari fungsi respirasi, hemodinamik, dan kesadaran namun masih memerlukan pengobatan, perawatan dan pemantauan secara ketat.

"Tujuan ataupun fungsi adalah agar bisa diketahui secara dini perubahan-perubahan yang membahayakan, sehingga bisa dengan segera dipindah ke ICU untuk dikelola lebih baik lagi," jelas.

RSUD DR Eko Maulana Ali merupakan fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Dimana per 1 Agustus 2018 RSUD DR Eko Maulana Ali telah menerima pasien rujukan BPJS dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018