Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong pejabat pemerintah desa melakukan berbagai inovasi agar pembangunan berjalan cepat dan merata.

"Kami akan terus berupaya agar desa semakin berkembang dengan melakukan berbagai program pembangunan yang sesuai karakter sumber daya alam dan manusia masing-masing," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Idwin di Muntok, Senin.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah daerah setempat terus melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pejabat pemerintah desa agar semakin memahami tugas dan fungsinya.

Salah satu yang dilaksanakan untuk mendukung percepatan pembangunan desa, pemkab menggelar rapat koordinasi tim inovasi kabupaten dan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa dalam pelaksanaan inovasi desa.

"Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para anggota Tim Inovasi di Kabupaten Bangka Barat, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan para pendamping desa dalam merencanakan pembangunan desa yang bersifat kreatif dan inovatif," ujarnya.

Menurut dia, perencanaan program dibutuhkan dalam merencanakan program pembangunan desa di yahun berikutnya dan hasil rapat koordinasi akan dilanjutkan dengan kegiatan bursa inovasi desa.

Dalam bursa yang akan dilaksanakan pada 24 September 2018 tersebut diharapkan akan terjadi dinamika pertukaran informasi program inovasi desa dari para peserta.

"Dalam bursa itu kami harapkan peserta memilih program kegiatan yang sesuai dengan karakter, kemampuan sumber daya di desa sehingga hasil pelaksanaan program akan bisa dicapai secara maksimal," katanya.

Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengimbau agar seluruh elemen yang tergabung dalam TPID Bangka Barat memahami tugas dan fungsi masing-masing dalam kepengurusan agar semua berjalan lancar.

"Cermati seluruh prosesnya, mulai dari persiapan awal, penyelenggaraan bursa inovasi desa dan kawal hasilnya agar program yang ditentukan dan dipilih nantinya dapat diterapkan desa bersangkutan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018