Pangkalpinang (Antaranews Babel) -  Korem 045/ Garuda Jaya beserta pemangku kepentingan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman sebanyak 3.500 bibit pohon di sepanjang kawasan Kolong Retensi Kacang Pedang Kota Pangkalpinang, Jumat.

Komandan Korem 045, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman di Pangkalpinang, mengatakan penanaman bibit pohon tersebut merupakan kegiatan karya bakti dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73.

Selain untuk penghijauan, penanaman bibit pohon di kawasan ini juga bertujuan untuk mengantisiapasi musim penghujan agar bisa dijadikan daerah resapan dan bisa mencegah banjir.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam di sepanjang kawasan itu merupakan pohon keras seperti cempaka, mahoni, tranbesi, cemara, bayu tulup dan jamu mente.          

"Diharapkan pohon-pohon yang telah ditanam ini turut dirawat hingga besar, jangan sampai pohon-pohon dirusak. Kalau sempat menyiram, tolong disiram agar pohonnya dapat tumbuh subur," katanya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai salah satu wujud kepedulian jajaran TNI di wilayah Bangka Belitung dalam mendukung program pemerintah untuk melestarikan lingkungan guna menjaga keseimbangan lingkungan hidup.

"Untuk itu saya mengajak kita semua agar selalu melestarikan lahan di sekitar kita, terus mendukung program pemerintah untuk melestarikan hutan melalui Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL)," katanya.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut, selain melakukan penanaman bibit pohon, pihaknya juga membersihkan parit serta gorong-gorong di seputaran perumahan Tampuk Pinangpura Pangkalpinang.

Kegiatan itu diikuti sekitar 670 orang dari TNI, Polri, BPBD Pangkalpinang dan Provinsi, jajaran Pemkot Pangkalpinang, Hipakad, Basarnas, Ormas, Forum DAS dan jajaran Pemprov Babel.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018