Sungailiat (Antaranews Babel) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak pelajar sekolah menengah atas (SMA) mengawasi Pemilu 2019 di daerah itu.

"Hal ini kita tuangkan dalam nota kerja sama dengan SMAN 1 Pemali, selanjutnya akan kita laksanakan di sekolah lainnya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, dalam hal ini para pelajar akan mendapatkan materi tentang pemilu yang akan disampaikan Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut dia, materi tersebut akan disampaikan dalam mata pelajaran kewarganegaraan dan bela negara, terutama demokrasi dan pemilu.

"Intinya materi tentang pengawasan pemilu dan demokrasi pemilu, sasarannya para pemilih pemula di sekolah," ucapnya.

Kegiatan akan dilaksanakan mulai akhir September, dengan harapan para siswa siswi benar-benar bisa ikut serta mengawasi proses pemilu setelah menerima materi seperti bahaya politik uang, kampanye hitam dan lainnya.

Para pelajar yang benar-benar ingin berpartisipasi dalam pengawasan pemilu nantinya bisa jadi agen pengawas pemilu yang dikoordinasi Bawaslu Kabupaten Bangka.

"Pemilih pemula ini sangat banyak jadi kita berharap nanti semuanya dapat berjalan lancar guna mendukung pengawasan pemilu," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018