Muntok (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat dan pejabat pemerintah desa memanfaatkan bursa inovasi desa untuk mempercepat pembangunan daerah.

"Bursa inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan alternatif kegiatan pembangunan baru dan kreatif untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di pedesaan," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali di Muntok, Selasa.

Kegiatan yang digelar untuk kali kedua di daerah itu dinilai cukup ampuh dalam memberikan tambahan wawasan baru kepada pemerintah desa dan masyarakat dalam menyiapkan berbagai program dan kegiatan pembangunan di desa masing-masing.

Menurut dia, besarnya anggaran pembangunan yang disalurkan langsung ke seluruh desa harus disikapi dengan bijaksana agar dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat dan mempercepat jalannya pembangunan.

"Bursa inovasi desa menawarkan berbagai program dan komitmen pemerintah desa bersama perwakilan warga untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan dengan memanfaatkan dana desa agar lebih berkualitas dan berkelanjutan," katanya.

Kegiatan tersebut, menurut dia dirancang untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa sesuai dengan karakteristik dan potensi desa masing-masing.

Dalam bursa tahun ini mengangkat beberapa program bidang inovasi desa, antara lain bidang insfrastruktur desa, bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal serta bidang pengembangan sumber daya manusia.

"Kami berharap nantinya dana desa tidak hanya dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kewirausahaan, pengembangan ekonomi lokal dan pembangunan sumber daya manusia," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018