Toboali (Antaranews Babel) - Ratusan anak-anak dari berbagai Taman Kanak-kanak di Kabupaten Bangka Selatan,Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belajar manasik haji di Lapangan Laut Nek Aji Toboali pada Kamis(27/9) pagi.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pelaksanaan ibadah haji,Selain itu juga agar siswa sejak dini merasa terpanggil untuk dapat menunaikan ibadah haji ke baitullah,"kata Ketua Penyelenggara Kegiatan Manasik Haji Mardiah di Toboali, Kamis.

Disampaikannya beberapa peserta yang mengikuti kegiatan ini antara lain TK IT Cahaya Toboali,RA Sinar Islam Toboali, RA Al Hidayah Gadung, RA Darul Ulum Bencah, RA Nurul Huda Air Bara, RA Nurul Quran Sidoarjo dan RA Darul Hikmah Pulau Besar.

"Lebih dari 500 anak-anak Usia dini berkumpul untuk belajar tentang rukun islam yang kelima ini,"katanya.

Menurut Mardiah kegiatan ini dipandu oleh tim Instruktur dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.Anak -anak dikenalkan dengan semua tahapan pelaksanaan ibadah haji.

"Lapangan dikondisikan menyerupai beberapa  lokasi pelaksanaan haji misalnya padang Arofah, Mina, Muzdalifah, Bukit Shofa dan Marwa untuk melakukan Sa'i dan tentu saja miniatur Ka'bah sebagai tempat mereka melakukan Thowaf sebanyak 7 putaran,"katanya.

Kepala IGRA Bangka Selatan Reka, S. Pd. AUD mengatakan seluruh Raudhatul Athfal (RA) se- Bangka Selatan mengikutsertakan peserta didiknya pada kegiatan pembelajaran haji ini.

"Pembelajaran yang dilakukan secara praktek langsung tentu akan lebih diingat oleh siswa dibandingkan hanya disampaikan secara teori,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018