Koba, Babel (Antaranews Babel) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan meraih sebanyak 30 medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V.

"Target kami sebagai tuan rumah meraih 30 medali emas dari 270 medali emas yang diperebutkan dalam ajang Porprov," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Tengah Farhan Ramadhan Syah di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, target perolehan medali emas tersebut bukan tidak beralasan karena sudah berdasarkan persiapan yang cukup matang di tingkat pengurus cabang olahraga.

"Jika mampu meraih 30 medali emas maka diperkirakan Bangka Tengah sebagai tuan rumah berada posisi tiga Porprov V yang diselenggarakan pada 24 November hingga 3 Desember 2018," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Bangka Tengah jika melihat dari grafik perolehan medali emas terjadi peningkatan contohnya di Porprov di Bangka Selatan meraih dua medali emas, Porprov di Belitung Timur berhasil menyabet lima medali emas.

"Maka tidak mustahil kita mampu meraih 30 medali emas dalam Porprov V karena bertindak sebagai tuan rumah, karena target kami adalah sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan," katanya.

Menurut Farhan, ada beberapa cabang olahraga yang berpotensi meraih medali emas diantaranya adalah atletik, renang, sepak bola, biliard, takraw, bulu tangkis, dan bola voli.

"Meski demikian kami minta masing-masing pengurus cabang olahraga tetap terus mempersiapkan atlet baik mental mau pun teknik sehingga benar-benar mampu mendulang medali," katanya.

Sebelumnya Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah Zainal menyatakan, persiapan Porprov V di daerah itu sudah mencapai 90 persen atau hanya tinggal pemantapan saja.

"Persiapan sudah mencapai 90 persen terutama persiapan saran dan prasarana pendukung, kami targetkan pada 15 November 2018 sudah mencapai 100 persen," katanya.

Ia mengatakan, untuk penginapan atlet memanfaatkan gedung sekolah di Kecamatan Pangkalanbaru dan Kecamatan Koba yang sudah dilengkapi fasilitasnya.

"Semua atlet menginap di gedung sekolah namun fasilitasnya benar-benar memenuhi standar dan layak. Bagi gedung sekolah yang dipakai untuk penginapan atlet, maka siswa diliburkan dan kami sudah koordinasi dengan Dinas Pendidikan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018