Jakarta (Antaranews Babel) - AS Roma tidak berdaya saat menjamu SPAL dan menyerah 0-2 pada pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu malam WIB.

Kedua gol SPAL itu dibukukan oleh eksekusi penalti Andrea Petagna pada menit ke-38 serta gol Kevin Bonifazi pada menit ke-56, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Kekalahan ini menggagalkan upaya Roma untuk memanjat di klasemen dan tertahan di peringkat ke-6, sedangkan SPAL berhak naik satu strip untuk menghuni peringkat ke-14 dengan koleksi sembilan poin.

Kiper SPAL Vanja Milinkovic-Savic, adik kandung gelandang Lazio Sergej, disibukkan sejak awal pertandingan oleh tembakan Stephan El Shaarawy dan Edin Dzeko, kemudian kedua pemain itu bekerja sama untuk menciptakan peluang bagus bagi Dzeko, namun sang kiper mampu mencegah gawangnya kemasukan dari situasi satu lawan satu.

SPAL kemudian balik menyerang melalui Manuel Lazzari yang menggebrak ke kotak penalti, dan kontak yang dilakukan Luca Pellegrini membuat dirinya terjatuh. Andrea Petagna sukses menunaikan tugasnya mengeksekusi penalti, berkat sepakan mendatar ke sudut bawah untuk membawa SPAL unggul.

Dzeko gagal mencetak gol dari jarak dekat pada awal babak kedua, namun beberapa saat kemudian SPAL menggandakan keunggulan mereka melalui sundulan Bonifazi dari tendangan sudut Mirko Valdifiori.

Tim tamu bahkan hampir mengubah kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-63, ketika kiper Robin Olsen menepis sepakan Petagna. Kiper SPAL Vanja Milinkovic-Savic juga melakukan hal yang sama, ketika upayanya dapat mendorong sepakan Lorenzo Pellegrini ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-75, Milinkovic-Savic diusir keluar lapangan. Ia mendapat kartu kuning karena membuang-buang waktu, kemudian memprotes keputusan sang wasit dan membanting bola dengan marah, tindakan yang membuat dirinya mendapatkan kartu kuning kedua.

Keunggulan jumlah pemain tidak dapat dimaksimalkan Roma meski mereka memiliki beberapa peluang membahayakan, namun mereka tetap tidak mampu menyamakan kedudukan atau sekedar mencetak gol balasan.

Susunan pemain:
Roma (4-2-3-1): Olsen, Florenzi, Fazio, Marcano, Luca Pellegrini (Pastore 77), Nzonzi, Cristante (Kluivert 59), Under (Coric 70), Lorenzo Pellegrini, El Shaarawy, Dzeko
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Spal (3-5-2): V Milinkovic-Savic, Cionek, Vicari, Bonifazi, Lazzari, Missiroli, Valdifiori (Fares 70), Valoti (Gomis 77), Costa, Paloschi (Everton Luiz 66), Petagna
Pelatih: Leonardo Semplici

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018