Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Delapan agen perjalanan dan operator wisata dari Republik Rakyat Tiongkok mengunjungi sejumlah objek wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjajaki paket tur sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho.

"Kunjungan agen travel Tiongkok ini diharapkan akan mempercepat pengembangan potensi wisata dan mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara di daerah ini," kata Sekretaris Disbudpar Provinsi Kepulauan Babel Engkus di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, kunjungan ini sebagai pengenalan untuk penyedia bisnis travel yang terdiri dari "tour travel agent" dan "tour operator" dari Republik Rakyat Tiongkok yang bertemakan "The History of Admiral Cheng Ho Roads".

Delapan agen perjalanan dan operator tur dari Dalian yang telah direkomendasikan oleh Xiamens Airlines akan mengunjungi Bangka Botanical Garden (BBG), sebagai salah satu tempat agrowisata daerah, Danau Kaolin, Pantai Tikus Emas, Phakak Liang yang merupakan salah satu tempat ibadah masyarakat Tionghoa, Pulau Burung Mandi dan Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung.

"Selama sepekan mereka akan menjelajahi tempat wisata ini, sekaligus melihat potensi daerah yang mungkin akan membantu kita mengembangkan pariwisata. Apalagi Babel juga memiliki banyak masyarakat etnis Tionghoa," ujarnya.

Menurut dia untuk mengoptimalkan kunjungan agen travel Tiongkok ini, pihaknya melibatkan Asita, Asosiasi Sales Travel (Asati) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) untuk memaparkan beberapa potensi Babel.

Kepala Bidang Area China IV Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Utari Widyastuti berharap pertemuan ini bisa melahirkan kerja sama untuk pembangunan industri pariwisata di Provinsi Kepulauan Babel.

"Mereka ke sini atas keinginan sendiri, karena saat rapat beberapa waktu lalu bertanya apakah boleh datang ke Babel," ujarnya.

Selama di Babel mereka akan menungungi beberapa objek wisata a di Pangkalpinang, Sungailiat, Bangka Tengah dan Belitung.

"Pemandu wisata kita juga akan menjelaskan secara detail mengenai objek wisata, sejarah, dan potensinya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018