Sungailiat, (Antara Babel) - Badan Pelaksana Korem (Balakrem) 045 Garuda Jaya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar tes kesamaptaan jasmani periodik semester I 2014 bagi seluruh personel militer perwira pertama, bintara, tamtama dan PNS.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui atau mengukur kemampuan jasmani para prajurit termasuk PNS Korem 045 agar menghasilkan kerja yang optimal," ujar Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Untung Budiharto melalui Kepala Penerangan Mayor Ruhin di Sungailiat, Rabu.

Dikatakannya, pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim kesehatan dari Rumkit Ban 02.08.02, sedangkan praktik kesehatan salah satunya senam pemanasan dipandu personel Jasrem dilanjutkan dengan kegiatan praktik kesehatan lainnya.

"Peserta juga harus mengikuti kegiatan lari sejauh 3.200 meter, dilanjutkan dengan 'pull up', 'push up', dan 'sit up' selama satu menit, kemudian 'suttle run' yang diakhiri dengan renang dasar  militer di kolam renang PT Timah Pangkalpinang," katanya.    
    
Menurut dia, tes kesamaptaan tersebut dibagi dua gelombang yakni pada 14 dan 16 April 2014.    
    
"Peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, penuh semangat dan dedikasi serta keseriusan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga hasil yang dicapai dapat memenuhi nilai standar minimal," katanya.    
    
Ia menyebutkan, memelihara kesegaran jasmani sangat penting bagi prajurit. Dengan uji kesamaptaan itu dapat diketahui sejauh mana kemampuan setiap prajurit.

         
"Keterampilan prajurit akan teruji bila samaptanya baik, karena  jasmani adalah tolok ukur dimana dengan jasmani yang prima tugas apapun yang diberikan akan terlaksana dengan baik sesuai dengan kapasitas masing-masing," jelasnya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014