Sungailiat, Babel  (Antaranews Babel) - Dewan Pimpinan Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan donasi masyarakat bagi korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Donasi disalurkan langsung pengurus DPD BKPRMI Bangka kepada pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BKPRMI Sulawesi Tengah melalui Bank Muamalat Cabang Sungailiat," kata Koordinator Penggalangan Dana Peduli Palu BKPRMI Kabupaten Bangka, Arinda Unigrah di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, tercatat donasi yang terkumpul sebesar Rp96,303 juta, 30 karung pakaian, serta 16 kotak pakaian layak pakai yang telah disortir oleh para relawan.

Untuk pakaian layak pakai telah terlebih dulu didistribusikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu.

"Donasi dikumpulkan pada 5-30 Oktober 2018 dengan berbagai metode berkolaborasi bersama beberapa komunitas di berbagai titik strategis di Sungailiat selama tiga kali," katanya.

Komunitas yang terlibat diantaranya Pemuda Remaja Masjid (PRM) Desa Kimak, PRM Jurung, PRM Balunijuk, PRM Parit Padang, PRM Sri Pemandang, PRM Air Anyer, Forum Genre Sepintu Sedulang, Komunitas Hijrah Muslimah Sungailiat, BECAK-BABEL, ROHIS SMKN 1 Sungailiat dan Putera Puteri Maritim Indonesia.

Gerakan pengumpulan donasi di tiap-tiap kecamatan dilakukan oleh DPK BKPRMI Sungailiat, Merawang, Belinyu, Riau Silip, Pemali dan Mendobarat yang melibatkan pengurus, ustadz ustadzah serta santri  TKA/TPA.

Banyak juga masyarakat yang langsung mengantarkan bantuan ke Posko Peduli Palu dan Donggala di Sekretariat DPD BKPRMI Bangka yang terletak di samping Masjid Agung Sungailiat, seperti masyarakat Dusun Sungai Dua Puding Besar, PRM Simpang Lumut serta pengurus dari beberapa partai politik.

Sementara, Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Bangka, Hari Subari mengaku bersyukur karena agenda itu dapat terlaksana dengan baik dan lancar demi membantu sesama umat manusia.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat Bangka untuk kemanusiaan masih tinggi, terjadi peningkatan yang signifikan dana yang terkumpul," kata Hari Subari.

Menurut dia, pada penggalangan dana bencana sebelumnya, BKPRMI Kabupaten Bangka menyalurkan bantuan sebesar Rp36 juta.

Pihaknya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah terlibat, berpartisipasi dan mendukung serta mempercayakan donasinya untuk disalurkan melalui BKPRMI.

BKPRMI berusaha semaksimal mungkin membantu masyarakat dalam agenda-agenda Pemuda Remaja Masjid serta agenda sosial kemasyarakatan.

         "Bukan hanya jumlah donasinya yang kita cari tapi bagaimana membangun semangat persatuan, kepedulian serta saling membantu di tengah-tengah musibah yang terjadi di negeri ini, semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semua," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018