Sungailiat, (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, menggelar berbagai lomba olahraga tradisional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-248 Kabupaten Bangka.

"Kami harapkan melalui lomba ini, berbagai olahraga dan permainan tradisional semakin dikenal masyarakat sebagai upaya pelestarian peninggalan leluhur," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bangka Boy Yandra di Sungaliat, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan itu akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan dengan memperlombakan cabang lari karung, enggrang, tarik tambang, bakiak, dan hadang atau sembilun.

"Pesertanya dari pegawai yang mewakili instansi pemerintah, pemerintah daerah, BUMN, BUMD di Kabupaten Bangka dan perwakilan dari masyarakat," ujarnya.

Selain olahraga tradisional, katanya, Pemkab Bangka juga akan menggelar berbagai lomba dan pentas seni dalam "Senandung Bedincak Bedaek' atau sejenis lomba pantun bersaut yang rencananya akan diselenggarakan di Taman Hiburan Rakyat Sungailiat.

"Kami juga akan menggelar lomba tari, menyanyi, puisi dalam bahasa Indonesia dan Bangka," ujarnya.

Ia mengharapkan lomba tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar.

Selain itu, katanya, melalui berbagai lomba tradisional itu diharapkan animo masyarakat untuk melestarikan budaya lokal semakin meningkat dan bisa dijadikan salah satu daya tarik wisatawan luar daerah untuk datang ke Bangka.

"Semoga acara ini sukses nantinya dan kita harapkan kota Sungailiat semakin berkembang dan maju bersama kota-kota lainnya di Indonesia," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014