Pangkalpinang, (Antara Babel) - Wakil Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Ramdani, menyatakan kejuaran "Finswimming Bangka Open 2014" merupakan ajang mempromosikan wisata bahari dan bawah laut daerah ke tingkat nasional dan internasional.

"Melalui olaraga ini, wisatawan akan mengetahui keindahan alam bawah laut di Bangka Belitung yang memesona untuk dinikmati," katanya di Pangkalpinang, Babel, Kamis.

Ia menjelaskan, "Finswimming Bangka Open 2014" yang diselenggarakan pada Sabtu (19/4) hingga Minggu (20/4) itu dipusatkan di perairan Pulau Simbang Kabupaten Bangka. Terumbu karang di Pulau Simbang masih alami, air jernih, bersih dan cocok untuk dijadikan aikon wisata bawah laut di Babel.

"Wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut dari atas kapal dan keindahan bawah laut di perairan Pulau Simbang ini tidak kalah indahnya dibanding wisata bawah laut di Lombok dan Bali," ujarnya.

Ia mengatakan, melalui olahraga finswimming ini dalam upaya meningkatkan minat masyarakat berolahraga selam di Bangka Belitung.

"Saat ini, minat masyarakat berolahraga selam masih kurang karena mereka menilai olahraga ini merupakan olahraga mahal yang membutuhkan peralatan selam," ujarnya.

Menurut dia, penilaian masyarakat ini salah, karena olahraga ini tidak membutuhkan biaya tinggi, berbeda dengan olahraga golf, berkuda dan olahraga lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, peralatan finswimming ini diantaranya bifins, snorkel, masker dan lainnya dan harga peralatan selam ini cukup murah dan mudah diperoleh di toko-toko olahraga.

"Mudah-mudahan melalui kejuaran finswimming ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan minat masyarakat untuk mencintai olahraga ini," ujarnya.

Menurut dia, Bangka Belitung merupakan provinsi kepulauan yang memiliki banyak pulau dan keindahan bawah laut yang masih alami dan merupakan surganya penghobi diving (diver).

"Mudah-mudahan melalui olahraga ini akan memudahkan pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri yang akan meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat," ujahrnya.

Pewarta: Oleh Aprionis

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014