Muntok, (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengungkapkan untuk meramaikan jumlah pengunjung Kawasan Wisata Pesanggrahan Menumbing diperkirakan perlu waktu sekitar dua tahun.

"Dengan melihat kesiapan daerah dalam melengkapi fasilitas yang ada sekarang, kami perkirakan dalam dua tahun lokasi wisata itu akan semakin meningkat jumlah pengunjungnya," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Heru Warsito di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, ketersediaan infrastruktur pendukung wisata Pesanggrahan Menumbing saat ini sudah semakin lengkap dan cukup nyaman bagi para pengunjung.

Menurutnya, dalam dua tahun ke depan jika dikelola dan diarahkan dengan benar, maka lokasi tersebut akan semakin ramai pengunjungnya.

"Misalnya mulai saat ini ada penegasan dan komitmen dari kepala daerah yang ditujukan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah agar seluruh kegiatan berupa pertemuan, seminar dan sejenisnya diselenggarakan di Menumbing. Toh di pesanggrahan tersedia ruang yang cukup besar yang bisa digunakan untuk menggelar kegiatan seperti itu," kata dia.

Selain itu, menurutnya, seluruh tamu dari luar daerah sebaiknya diarahkan untuk mengunjungi lokasi pengasingan Bung Karno, Bung Hatta dan para pejuang kemerdekaan RI tersebut.

"Para tamu ini tentu akan dengan sendirinya bisa menjadi agen promosi di daerahnya, jika mereka mendapatkan kesan baik di lokasi itu, dan jika perlu para tamu dan pejabat dari luar daerah diarahkan untuk menginap di penginapan yang sudah disediakan di Puncak Gunung Menumbing tersebut," kata dia.

Ia menegaskan, berbagai upaya tersebut akan terwujud jika sarana dan prasarana yang dibangun saat ini dilengkapi dengan kebutuhan utama lainnya, yaitu ketersediaan air bersih yang cukup dan listrik.

"Jika dua kebutuhan utama tersebut sudah ada, kami yakin ketersediaan sarana dan prasarana yang ada saat ini sudah cukup layak, meskipun pemkab juga tetap harus terus berbenah agar ke depan pengunjung semakin nyaman," kata dia.

Menurut dia, pemkab harus tetap memperhatikan beberapa sarana dan prasarana yang perlu dibangun, seperti lokasi bermain keluarga, lapangan olahraga, dan lainnya.

Untuk ketersediaan pendukung lain, seperti lokasi belanja cindera mata, kuliner dan lainnya, kata dia, jika pengunjung di lokasi itu semakin banyak tentu akan menarik pedagang lokal untuk berjualan.

"Atau bisa juga pemkab memfasilitasi beberapa pedagang untuk berjualan di lokasi tersebut dengan berbagai bantuan, sampai mereka mandiri," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014