Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pembinaan atlet di daerah itu agar dapat berprestasi di setiap ajang olahraga tingkat lokal, nasional, dan internasional.

"Hari ini (Jumat) kami laksanakan rapat koordinasi antara provinsi dengan kabupaten/kota membahas masalah pembinaan atlet olahraga berprestasi di Bangka Belitung. Kami ingin para atlet dapat berprestasi di setiap ajang olahraga," kata Ketua KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfandi Muchtar Akib di Pangkalpinang, Jumat.

Elfandi menginginkan laju perkembangan olahraga di provinsi itu lebih dinamis dengan pembinaan yang berkesinambungan dan terpola, sehingga tidak lagi terkesan stagnan.

Ia mengatakan, selama ini induk organisasi olahraga terbilang hanya aktif terlihat ramai-ramai bekerja selama masa Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang digelar empat tahun sekali, dimana hal itu menimbulkan masalah pembinaan.

"Hal ini tidak perubahan. Ada masa tiga tahun itu hilang, yang terkesan organisasi olahraga hanya mengurus stempel dan tandatangan saja," ujarnya.

Untuk itu, Dirinya mengajak pengurus organisasi olahraga untuk mencari formulasi terbaik bagi perkembangan olahraga di Bangka Belitung.

"Kebijakan rapat kami hari ini bisa dijadikan acuan bersama. Akan menjadi acuan dalam pembinaan olahraga beberapa tahun ke depan. Para peserta memberi ide-ide terbaik," ujarnya.

Dikatakannya, untuk kedepan diharapkan para pengurus KONI kabupaten kota dapat mencari pola pembinaan dengan melaksanakan agenda rutin tingkat provinsi setiap tahunnya.

"Saya mengusulkan tiap cabang olahraga prestasi di Babel, ada semacam penyelenggaraan tingkat provinsi yang rutin dan berkala, sehingga pembinaan para atlet lebih optimal," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018