Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan kunjungan wisatawan di daerah itu pada musim liburan akhir tahun meningkat dari tahun sebelumnya.

"Kami telah menyiapkan beberapa strategi dengan beberapa kegiatan di penghujung tahun untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem), di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia menyebutkan upaya tersebut telah dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti pelaksanaan Belitung Marathon 10 K dengan tema "sport tourism" dan Festival Tanjung Kelayang (FTK) 2018.

Menurut dia, momentum tersebut harus dimanfaatkan dengan betul-betul oleh pelaku wisatawan di daerah itu dan diharapkan kegiatan yang diselenggarakan nantinya di akhir tahun bisa mengangkat tema budaya dan kearifan lokal setempat.

"Kegiatan malam tahun baru misalnya bisa menampilkan pentas seni dan budaya kita di beberapa tempat destinasi wisata," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto, mengatakan tren kunjungan wisatawan di daerah itu meningkat di akhir tahun 2018.

"Berdasarkan uji petik yang kami lakukan di beberapa hotel, tren dari pertengahan tahun ke atas cukup meningkat signifikan dari Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Dikatakannya dengan dibukanya rute penerbangan internasional Singapura-Tanjung Pandan diharapkan bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu.

Sementara dengan diselenggarakan event Festival Tanjung Kelayang 2018 saat ini diharapkan menjadi daya tarik guna memikat wisatawan untuk berlibur di akhir tahun mendatang.

"Target kami tidak muluk-muluk untuk wisata mancanegara sebanyak 500 hingga 1.000 orang yang berkunjung dan wisatawan nusantara 4.000-5.000 orang yang datang ke Belitung," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018