Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Sosialisasi Germas hingga menjangkau ke seluruh pelosok ini kami harapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat hidup bersih dan sehat sebagai salah satu pencapaian pembangunan kesehatan sekaligus mendukung program Indonesia Sehat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Markus di Muntok, Jumat.

Sosialisasi di berbagai elemen masyarakat hingga menyentuh langsung warga di kampung-kampung dilakukan para petugas kesehatan puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di daerah itu.

Selain menggiatkan sosialisasi Germas, Markus menginstruksikan kepada seluruh jajaran kesehatan untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Perkuat sinergisitas dengan seluruh pemangku kepentingan meningkatkan kualitas lingkungan yang semakin sehat," katanya.

Menurut Markus, tema peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 yaitu "Aku Cinta Sehat dan Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita" merupakan salah satu motivasi yang harua terus digaungkan dan dilaksanakan insan kesehatan agar dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia.

Rencana pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

"Para petugas dan pegiat kesehatan tidak akan mampu menjalankan sendiri, perlu dukungan dan kebersamaan masyarakat untuk mewujudkan target tersebut," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 tingkat kabupaten, Pemkab Bangka Barat menggelar pelayanan kesehatan gratis di Desa Peradong, Kecamatan Simpangteritip.

Selain itu, pelayanan "screening" penyakit tidak menular, pemeriksaan gigi dan mulut, demo masak menu balita, pameran produk tanaman obat keluarga, donor darah, pendaftaran BPJS Kesehatan, memberikan bingkisan penyedian makanan PMT ibu hamil dan balita serta penyerahan mobil ambulans kepada Puskesmas Sekarbiru dan Muntok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018