Sungailiat (Antaranews Babel) - Komunitas Pondok Lentera Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bergerak di bidang sosial khususnya penyandang disabilitas memperingati Hari Disabilitas Internasional bertemakan "Menjadikan lingkungan yang ramah bagi penyandang difabel, agar tangguh mandiri dan cerdas memilih".
 
"Komunitas ini baru didirikan pada bulan Agustus 2018 dilatarbelakangi masih minimnya komunitas atau pemerhati penyandang difabel yang ada di Kabupaten Bangka," kata Ketua Pondok Lentera yang juga Guru Sekolah Luar Biasa Sungailiat, Dwi Kurniawan di Sungailiat, Sabtu. 
 
Dia mengatakan tujuan dibentuknya komunitas ini agar penyandang difabel di Kabupaten Bangka mendapat perhatian yang sama dengan manusia atau warga lainnya. 
 
Menurut dia saat ini masih minimnya persamaan lingkungan bagi penyandang disabilitas oleh masyarakat, padahal semua sama hanya ada kekurangan dan kelebihan yang diberikan oleh pencipta.
 
"Kami menilai masih minim persamaan lingkungan bagi penyandang disabilitas baik oleh pemerintah maupun masyarakat," katanya. 
 
Berkaitan akan dilangsungkannya pemilihan serentak anggota legislatif dan pemilihan presiden, pihaknya berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka dapat mempersiapkan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas. 
 
KPUD kabupaten Bangka pun harus sering melakukan sosialisasi bagi para penyandang disabilitas, baik tuna netra, tuna grahita, tuna rungu dan lain sebagainya. Hal ini supaya tidak ada arahan bagi penyandang difabel untuk memilih calon tertentu. 
 
"Kami juga akan melakukan dialog dengan KPUD kabupaten Bangka terkait dengan hal ini, diharapkan penyandang disabilitas dapat perlakuan dan perhatian yang sama baik dari KPUD maupun pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018