Sungailiat (Antaranews Babel) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap Rumah Penyandang Disabilitas di Jalan SD 15 Kelurahan Parit Padang, Kecamatan Sungailiat yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bangka tidak hanya menjadi simbol saja. 
 
"Pemerintah harus memperhatikan semua penyandang disabilitas, jangan rumah penyandang disabilitas hanya sebatas seremonial tetapi harus lebih dari itu," kata Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka, Magrizan di Sungailiat, Sabtu. 
 
Penyandang disabilitas di Kabupaten Bangka mencapai 1000 orang tersebar di delapan kecamatan di 81 desa/ kelurahan, pemerintah daerah harus benar-benar memperhatikan penyandang disabilitas sehingga tidak ada perbedaan kepada masyarakat. 
 
Menurut dia, selama ini DPRD Bangka menilai masih ada perbedaan antara penyandang disabilitas dengan masyarakat biasa terutama dalam hal penggunaan sarana prasarana pembangunan seperti trotoar, seharusnya trotoar tidak ada pohon ataupun lapak pedagang kaki lima sehingga penyandang disabilitas dapat mempergunakan haknya sebagai manusia dalam menggunakan fasilitas umum. 
 
"Kami akan berdialog langsung dengan Pemerintah Kabupaten Bangka supaya hal ini dapat benar-benar diperhatikan kedepannya," katanya. 
 
Ditambahkannya kepada pemimpin yang baru harus dapat menjadi perhatian dan fokus selama kepemimpinan lima ahun kedepan supaya tidak ada perbedaan antara penyandang disabilitas dan warga biasa.
 
Berkaitan akan dilangsungkannya pemilihan serentak anggota legislatif dan pemilihan presiden, pihaknya berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka dapat mempersiapkan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas. 
 
KPUD kabupaten Bangka pun harus sering melakukan sosialisasi bagi para penyandang disabilitas, baik tuna netra, tuna grahita, tuna rungu dan lain sebagainya. Hal ini supaya tidak ada arahan bagi penyandang difabel untuk memilih calon tertentu. 
 
"Kami juga akan melakukan dialog dengan KPUD kabupaten Bangka terkait dengan hal ini, diharapkan penyandang disabilitas dapat perlakuan dan perhatian yang sama baik dari KPUD maupun pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018