Sungailiat (Antaranews Babel) - Atlet Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil meraih juara umum pada kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2018 yang diselenggarakan di Kota Koba Bangka Tengah, sejak 24 November hingga 3 Desember 2018.

Kepastian menjadi juara umum pada kejuaraan Porprov 2018, menurut Ketua Koni Kabupaten Bangka, Denny Hasbi di Sungailiat di Senin, setelah perolehan mendali seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan selesai diikuti oleh atletnya dengan menguasai perolehan mendali.

"Keberhasilan menjadi juara umum merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami setelah menunggu 16 tahun kembali menjadi juara umum satu," katanya.

Dia mengatakan, keberhasilan merebut mendali emas terbanyak pada Porprov 2018 diluar dugaan karena sebelumnya diketahui cukup ketatnya persaingan antar atlet dari kabupaten lain.

"Diluar dugaan tim atlet kami berhasil merebut mendali emas terbanyak karena pada kejuaraan Proprov 2018, hanya ditargetkan menjadi juara kedua," jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan ini pula tidak lepas dari semangat berjuang baik dari atlet, pelatih, pendamping dan tidak lepas dukungan doa masyarakat Kabupaten Bangka.

"Persaingan ketat perolehan mendali kami rasakan karena selama beberapa hari hasil sementara direbut dari Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Dia mengatakan, sejumlah cabang olahraga yang berhasil menyumbang mendali emas terbanyak yakni, pada cabang renang dan tenis lapangan, menembak dan pencak silat,catur dan karate.

Rekapitulasi terakhir perolehan mendali atlet Kabupaten Bangka, berjumlah total 178 mendali terdiri 64 mendali emas, 51 mendali perak dan 63 mendali perunggu, sementara Kota Pangkalpinang yang berada di posisi kedua perolehan mendali hanya mampu mengumpulkan mendali sebanyak 177 mendali terdiri 61 emas, 54 perak dan 62 perunggu.

Sementara tuan rumah Kabupaten Bangka Tengah, hanya mampu menempati diposisi ketiga dengan perolehan mendali 55 emas, 68 perak dan 62 mendali perunggu.

Denny Habsi mengatakan, kesuseskan meraih juara pertama Porpor 2018, menjadi tantangan dan motivasi besar untuk mempertahankan pada kejuaran yang sama pada Porpov ke VI 2022 mendatang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018