Pangkalpinang, (Antaranews Babel) - Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan pelabuhan curah cair, guna mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus di Pulau Bangka.

"Kami sangat mendukung pemerintah daerah mengusulkan pembentukan KEK di Pulau Bangka, karena akan meningkatkan arus lalu lintas barang di daerah ini," kata General Manajer IPC Pangkalbalam, Nugroho Iwan Prasetyanto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pembentukan KEK ini akan berimbas terhadap peningkatan sektor perdagangan antarpulau dan perekonomian masyarakat di daerah ini.

"Kami sudah berapa kali rapat dengan pemerintah provinsi dan DPRD sebagai bentuk dukungan pembentukan KEK di Pulau Bangka," katanya.

Menurut dia pelabuhan curah cair ini untuk menampung CPO merupakan komoditas perkebunan terbesar yang dimuat di Pelabuhan Pangkalbalam.

"Kami berharap pemerintah juga mendorong investor untuk membangun industri pengolahan CPO, karena ketersediaan bahan bakunya di daerah ini berlimpah," ujarnya.

Ia menambahkan pembangunan pelabuhan curah cair dan industri pengolahan CPO ini dapat menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan dan perekonomian masyarakat.

"Kami mendukung KEK ini, karena akan meningkatkan  lalu lintas barang yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah ini," ujarnya. 
     

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018