Koba, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi persoalan krusial di daerah itu yang mesti mendapat perhatian lebih serius.

 "Lapangan pekerjaan menjadi persoalan krusial karena terkait dengan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini," katanya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus mendorong peningkatan perekonomian masyarakat terutama di daerah pedesaan dengan memberdayakan dan membantu pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

"Pemerintah daerah menyalurkan bantuan peralatan untuk mendukung usaha bagi 12 kelompok usaha yang tersebar pada seluruh kecamatan di daerah ini dan mereka layak dibantu karena kami menilai kekuatan ekonomi kerakyatan itu terdapat pada usaha yang mereka jalankan," ujarnya.

Namun demikian, mantan Sekda Bangka Tengah ini mengingatkan kepada para kelompok usaha untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik sehingga bisa maju dan berkembang serta menjadi pondasi ekonomi keluarga yang sangat kokoh.

"Pemerintah daerah membutuhkan masyarakat yang bermental wirausaha karena mereka memberikan kontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran sehingga pada akhirnya nanti mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Usaha kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut beragam, di antaranya perbengkelan, jahit, kuliner dan usaha ekonomi kreatif lainnya yang menyerap sejumlah tenaga kerja.

"Usaha yang berkembang di masyarakat sangat membantu pemerintah daerah dalam membuka lapangan pekerjaan karena mereka termasuk memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018