Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Sejumlah pegiat seni rupa di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan mural di lorong menuju Kampung Petenun dengan mengangkat tema motif tenun cual.

"Kami tampilkan motif dan aktivitas penenun tua dalam karya mural atau lukisan dinding ini untuk mengingatkan kembali warga Muntok itu bahwa dahulu pernah menjadi penghasil tenun kualitas bagus," kata perupa Anung Yunianto di Muntok, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan mural yang digelar diikuti sejumlah perupa yang tergabung dalam kelompok rindudendam bersama para pegiat seni rupa dari Dewan Kesenian Bangka Barat dan sejumlah pelajar di daerah itu.

Kegiatan mural secara bersama-sama tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian para perupa dan Dewan Kesenian Bangka Barat untuk memperindah suasana Kota Muntok sekaligus mendukung geliat kepariwisataan yang sedang berkembang di daeah itu.

"Karya mural dengan konsep motif cual dan aktivitas penenunan kain lokal itu cukup tepat ditempatkan di lorong menuju Kampung Petenun, kami berharap sumbangsih bersama itu dapat diterima masyarakat," katanya.

Penggarapan mulai dari konsep, desain hingga eksekusi pengecatan yang dilakukan secara bersama-sama diharapkan bisa menumbuhkan semangat gotong royong para pegiat seni rupa dan warga yang terlibat dalam kegiatan itu.

Karya bertemakan budaya lokal sengaja ditampilkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kekayaan seni dan budaya lokal yang bernilai tinggi dan bisa dieksplorasi lebih dalam untuk menghasilkan karya seni.

"Kami sengaja tidak mengangkat kritik sosial dan politik dalam karya bersama ini agar tidak ada yang merasa tersakiti dan bisa diterima seluruh pihak demi kemajuan pariwisata daerah," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018