Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tujuh unit kapal penumpang guna mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Kita tetap mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, mengingat tarif tiket angkutan udara yang naik menjelang Natal," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar di Pangkalpinang, Babel, Minggu.

Ia mengatakan tujuh unit kapal angkutan Natal dan Tahun Baru tersebut yaitu enam kapal jenis roro rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sementara satu unit kapal cepat dengan rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka) tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung).

Tujuh unit armada ini cukup melayani masyarakat yang pulang kampung atau liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya.

"Biasanya penumpang kapal menjelang Natal sepi, namun kita tetap mengantisipasi dengan menyiapkan tujuh armada angkutan laut," katanya.

Menurut dia, saat ini harga tiket pesawat sudah mulai melonjak dan diperkirakan akan terus naik hingga Natal dan Tahun Baru.

"Masyarakat yang tidak mampu membeli tiket angkutan udara, bisa beralih menggunakan angkutan laut untuk kampung merayakan Natal bersama keluarganya," katanya.

Ia menambahkan tarif tiket kapal tujuan Jakarta dan Belitung menjelang Natal tidak mengalami kenaikan, sehingga masyarakat bisa menikmati angkutan murah dengan pelayanan yang berkualitas.

"Meski tarif tidak mengalami kenaikan, namun pihak pelayaran tetap memberikan pelayanan kepada calon penumpang selama perjalanan menuju tujuannya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018