Sungailiat, (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Tarmizi Saat, mengharapkan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) yang diselenggarakan Kabupaten Bangka dapat melahirkan generasi - generasi pesepakbola yang berkualitas.

"Dari kegiatan ini diharapkan lahir bibit-bibit pemain sepak bola yang berkualitas, sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Bangka agar lebih dikenal di tingkat nasional," Ujar Bupati di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, LPI merupakan kegiatan sepak bola pelajar SLTP dan SLTA secara berjenjang yang berkelanjutan dan dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

"Pemerintah Bangka sangat mendukung kegiatan ini dan saya harapkan nantinya dapat menjaring  bibit baru olahragawan yang akan dapat berkiprah di klub-klub besar," harapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat pelajar di kalangan SLTP dan SLTA untuk mencintai olahraga, khususnya sepak bola sebagai pembentukan watak sportif dan berkarakter.

Sementara itu, lanjut bupati, pergelaran LPI Kabupaten Bangka yang berakhir kemarin di lapangan sepakbola pemali telah mendapatkan juara masing-masing dari tingkat SLTP dan SMA.

"Untuk tingkat SLTP juara pertama diraih SMP 1 Puding Besar yang sebelumnya dalam final mengalahkan SMP 1 Riau Silip," ujarnya.

Sedangka untuk tingkat SMA, kata bupati, juara pertama diraih SMK 1 Sungailiat yang mengalahkan SMK Muhammadiyah.

"Selain itu kita juga memberikan bonus kepada para pemain yang berhasil melesakkan gol ke gawang lawan dengan tujuan memberi semangat dan motivasi kepada siswa yang bertanding," ujarnya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014