Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Kodim 0414 Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan penghijauan dengan menanam 1.000 pohon di kawasan HKM Juru Seberang dalam rangka memperingati hari Juang Kartika yang ke-73, Senin. 

Dandim 0414 Belitung, Letkol Inf Indra Padang di Tanjung Pandan, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengajak semua elemen masyarakat melestarikan hutan

"Hutan adalah karunia Tuhan yang tumbuh secara alami sebagai aset kekayaan alam yang bermanfaat bagi kepentingan manusia dalam mengendalikan fungsi penyerapan air dan sumber devisa," katanya. 

Menurut dia kondisi hutan saat ini terus mengalami degradasi seperti penggundulan sehingga fungsinya terganggu dan memicu dampak lain. 

"Akibatnya terjadi pemanasan global yang mengganggu kenyamanan hidup manusia," ujarnya. 

Ia mengatakan, dampak dari kerusakan hutan cukup beragam, selain dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan hidup juga bisa mengganggu hubungan antar negara. 

"Dampaknya dari kerusakan hutan ditandai dengan adanya beberapa bencana seperti tanah longsor, banjir, kekeringan serta kebakaran hutan," katanya. 

Ia berharap melaui kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat untuk melestarikan hutan berupa kegiatan penghijauan. 

"Penghijauan sangatlah bermanfaat bagi kepentingan kehidupan manusia dalam melestarikan dan menjaga keseimbangan alam," katanya.










 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018