Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal membangun tanggul penahan guna mencegah luapan air menggenangi jalan dan halaman perkantoran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka.

"Kami ada program terkait hal ini bagaimana menyiapkan sarana untuk menahan air dari Bukit Betung, sehingga aliran air tidak mengalir secara langsung namun dapat difilter, jadi air mengalir ke bawah tidak langsung dengan volume yang besar," kata Kepala Bidang Pengairan DPUPRP Kabupaten Bangka, Aristian di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, kedepan pihaknya akan melakukan penggalian pada hilir saluran air yakni di kawasan Jelitik yang telah terjadi sedimentasi sehingga dapat menampung air lebih maksimal.

Menurutnya, hal inilah yang menyebabkan adanya genangan air di halaman Kantor Bupati Bangka pada Sabtu (8/12) lalu, air meluap dari drainase disebabkan kawasan Jelitik yang merupakan muara tampungan sudah dangkal tidak mampu menampung air.

"Harapan kami melalui penggalian pada daerah hilir dan memasang sarana penahan air pada hulu saluran air dapat mencegah luapan air dikemudian hari," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka, Ahmad Fauzi, mengatakan genangan air pada Sabtu (8/10) rata-rata disebabkan saluran air banyak yang tidak berfungsi dengan baik, akibatnya air meluap ke jalan dan rumah warga.

"Berdasarkan hasil tinjauan kami ke lapangan, semua drainase tidak lancar alirannya, sehingga air meluap ke jalan," kata Ahmad Fauzi.

Genangan selain buruknya drainase juga dikarenakan muara sungai dangkal dan air laut pasang menyebabkan air hujan tidak mengalir ke laut.


 

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018