Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan zakat kepada para penerimanya berupa dana tunai dan beasiswa pendidikan di Belitung, Selasa.

Wakil Ketua Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Syamsir di Tanjung Pandan, mengatakan zakat tersebut disalurkan kepada 503 kaum dhuafa dan 212 pelajar yang ada daerah itu.

"Kami Baznas Babel sudah mengumpulkan zakat dari wajib zakat dan menjadi kewajiban kami untuk menyalurkannya kepada para penerima," katanya.

Menurut dia pengumpulan zakat setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2018 zakat yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp9 Miliar meningkat bila dibandingkan pada tahun 2017yakni 7,2 Miliar dan tahun 2016 sebesar Rp2,7 Miliar.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat yang mulai sadar untuk berzakat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Baznas Babel di tahun 2019 mendatang akan menjalankan beberapa program untuk mendorong kemandirian para penerima zakat.

"Ada beberapa inovasi program pemberdayaan yang kita lakukan sesuai dengan kemampuan para penerima zakat kita agar mereka produktif," ujarnya.

Ia berharap penyaluran zakat di daerah itu dapat bermanfaat bagi para penerimanya dan dimanfaatkan sesuai dengan peruntukkannya.

"Semoga penyaluran zakat ini bermanfaat. Baznas hanya perangtara menyalurkannya dari para wajib zakat. Kita doakan mereka yang sudah berzakat diberikan nikmat dan keberkahan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018