Koba, Babel,  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan peralatan pengembangan usaha para UMKM yang tergabung dalam kelompok di daerah itu.

"Bantuan yang kami salurkan ini hanya berbentuk stimulan saja, untuk merangsang para pelaku usaha yang tergabung dalam kelompok untuk mengembangkan usaha mereka," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan itu berupa peralatan perbengkelan, alat parut kelapa, mesin giling dan sejumlah peralatan lainnya yang mendukung pengembangan usaha para UMKM.

"Tercatat sebanyak 12 kelompok yang tersebar pada enam kecamatan mendapatkan bantuan tersebut, mereka rata-rata usaha yang baru berjalan dan butuh dorongan pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha mereka," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan sektor usaha kecil menengah karena mendukung program pemberdayaan usaha ekonomi kerakyatan di daerah itu.

"Kami menyadari sektor UMKM memberikan pengaruh cukup besar terhadap penguatan ekonomi kerakyatan, apalagi mereka menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan baru," ujarnya.

Ia mengatakan, sektor ekonomi kerakyatan menyumbang banyak tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan baru dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pondasi ekonomi akan kuat, jika sektor UMKM di daerah ini berkembang dengan baik maka kami dari pemerintah daerah terus mendorong dan membantu pengembangan usaha ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018