Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Komandan Korem 045 Garuda Jaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman memimpin langsung upacara Hari Juang Kartika yang ke-73 di halaman Makodim 0413/Bangka, Sabtu.

"Upacara ini dalam rangka hari Juang Kartika yang jatuh setiap tanggal 15 Desember, dimana pada saat itu prajurit TNI AD bertempur melawan Belanda di Ambarawa sehingga sampai sekarang peristiwa itu dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa," katanya di Pangkalpinang.

Ia mengatakan, setiap hari Juang Kartika pelaksanakannya dilaksanakan secara terpusat di Ambawara Jawa Tengah, karena hari Juang Kartika itu merupakan harinya kelahiran Angkatan Darat pada 15 Desember 1945.

"Di hari Juang Kartika ini, Saya pesan kepada prajurit seperti yang disampaikan Almarhum Jendral Sudirman bahwa prajurit TNI AD bukanlah prajurit sewaan, melainkan seluruh jiwanya untuk kepentingan bangsa dan negara ini," ujarnya.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Babel Brigjen (Pol) Istiono mengucapkan selamat untuk seluruh anggota TNI angkatan darat, karena merupakan salah satu pilar utama dalam membentengi NKRI.

"TNI juga menjaga kedaulatan bangsa ini, bersama-sama dengan Polri dan segenap masyarakat Indonesia khususnya Bangka Belitung, tentunya akan membawa kebersamaan kita dalam menjaga NKRI kedepannya," katanya.

Selain dihadiri Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono juga dihadiri oleh pejabat utama Polda Babel, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Kepala Basarnas, pejabat Pemprov yang mewakili Gubernur Babel, Komandan Kodim 0413/BKA Letkol Arm Riski Budianto dan para veteran serta Instansi lainnya.

Pada acara itu, Korem 045 Garuda Jaya juga memberikan bantuan kepada para veteran serta bantuan rumah layak huni untuk masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018