Manggar, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk mengembangkan produk khas lokal yang memiliki daya tarik dan berdaya jual.

"KUBE ini sangat membantu menggerakkan roda perekonomian daerah, namun perlu dukungan dan dorongan dalam mengembangkan usahanya sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing di pasar," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur, Wahyu Setyawan di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus menyalurkan bantuan kepada KUBE baik melalui APBN maupun APBD serta memberikan pelatihan kepada anggota KUBE.

"Sejumlah KUBE sudah mendapatkan bantuan permodalan untuk terus mengembangkan usaha mereka, sehingga lebih mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Ia mengatakan, baru-baru ini sudah digelar pelatihan bagi perwakilan KUBE dari 18 desa di Belitung Timur untuk diversifikasi usaha yang sudah mereka lakukan.

"Sebelumnya mereka sudah punya usaha kecil bikin kue, cuma perlu ada variasi baru yang tidak meninggalkan kearifan lokal," ujar Wahyu.

Ia mengatakan, kegiatan difokuskan untuk penanganan angka kemiskinan di Kabupaten Belitung Timur karena KUBE mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang tinggal di pedesaan.

"Jadi APBN memberikan dukungan dana secara stimultan, kita dari Pemkab Belitung Timur memberikan pelatihan. Tujuannya agar dana yang diberikan dapat dipergunakan untuk modal usaha mereka,” kata Wahyu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018