Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Bulog Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan stok beras yang tersedia sekarang ini sebanyak 1.500 ton sehingga cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu untuk tiga bulan ke depan.

"Kami prediksi itu cukup untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan ke depan," kata Kepala Kantor Seksi Logistik Belitung, Harmein Indra Pohan di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, berdasarkan data, ketersediaan jumlah beras kualitas medium sekitar 800 ton dan beras kualitas premium 700 ton. Sedangkan stok gula pasir sekitar 10 ton dan stok daging beku sekitar 3,5 ton.

Harga daging beku dijual Rp.80.000 per kilogram, gula pasir Rp.12.000 per kilogram, beras dengan kualitas premium Rp.11.000 per kilogram dan beras dengan kualitas medium dijual Rp.9.000 per kilogramnya.

"Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru kami tidak melakukan penambahan stok karena memang masih beberapa hari lagi," katanya.

Selain itu, Bulog juga rutin melakukan kegiatan operasi pasar di daerah itu bekerjasama dengan para distributor, agen dan mitra guna menjamin  ketersediaan pasokan dan stabilitas harga.

"Kami rutin melakukan operasi pasar. Misalnya setiap pagi hari di sejumlah pasar tradisional yang ada di Tanjung Pandan, ujarnya.

Ia memastikan kebutuhan bahan pokok di daerah itu aman hingga beberapa bulan ke depan seiring terjaganya ketersediaan stok.

"Kami pastikan aman dan cukup. Paling penambahan stok nanti kita lakukan diawal bulan.  Namun stok kita cukup hingga tiga bulan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018