Pangkalpinang, (Antaranews Babel) - Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pelayanan kepada kapal penumpang, guna memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang dan setelah liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Saat ini fasilitas dan layanan di terminal penumpang kapal laut lebih ditingkatkan," kata Plt Deputy General Manager Operasi dan Teknik IPC Pangkalbalam Taufiq Budi Hidayanto di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan peningkatan pelayanan kapal penumpang ini berdasarkan arahan Direksi IPC meminta menciptakan kelancaran pelabuhan dengan memberikan pelayanan dan prioritas pelayaran kapa-kapal penumpang, bermuatan sembako serta hewan ternak selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Saat ini sarana dan prasarana seperti AC, air bersih, ruang penyusui, kesehatan dan lainnya di terminal penumpang kapal laut lebih ditingkatkan, agar calon penumpang aman dan nyaman saat menunggu keberangkatan kapal," katanya.

Selain itu, pihaknya bersama KSOP telah membangun posko pengamanan di terminal pelabuhan, sebagai upaya memberikan pelayanan yang lebih baik dan mengantisipasi nganguan keamanan selama liburan Natal dan Tahun Baru.

"Saat ini penumpang kapal tujuan Belitung sudah mengalami kenaikan, sementara tujuan Jakarta masih sepi," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah calon penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjungpandan Belitung sudah mencapai 331 orang dibandingkan sebelumnya 175 orang.

Sementara penumpang kapal berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta masih berkisar 70 hingga 80 orang per hari atau masih sepi.

"Peningkatan penumpang tujuan Belitung masih relatif normal, karena belum ada penumpukan calon penumpang di terminal," ujarnya.

Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar mengatakan telah menyiapkan tujuh unit kapal penumpang guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Ia mengatakan tujuh unit kapal angkutan Natal dan Tahun Baru tersebut yaitu enam kapal jenis roro rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sementara satu unit kapal cepat dengan rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka) tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung).

"Tujuh unit armada ini cukup melayani masyarakat yang pulang kampung atau liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018