Pangkalpinang, (Antara Babel) - Kepala Unit Pelaksana Teknis Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang Suhairi mengimbau masyarakat agar selektif dalam memilih minuman suplemen untuk stamina.

"Sekarang ini banyak minuman suplemen untuk stamina ilegal dan tidak jelas kandungan formulanya sehingga diharapkan masyarakat cerdas memilih," ujarnya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan masyarakat juga jangan tertipu dengan iklan minuman sehingga tidak lagi memperhatikan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Konsumen harus tahu dulu manfaat, formula yang terkandung, serta izin Departeman Kesehatan wilayah setempat," ujarnya.

Selain itu, katanya lagi, pihak produsen juga harus memberikan informasi yang jelas terkait produknya.

"Seharusnya pelaku usaha tidak hanya mementingkan bisnis semata namun juga harus memerhatikan kesehatan konsumen, sebab produk mereka akan diminum oleh masyarakat luas," ujarnya.

Dengan demikian, untuk meminimalisasi kejadian yang tidak diharapkan Dinkes sering melakukan monitoring terhadap produk-produk minuman suplemen untuk stamina.

"Dalam hal ini Dinkes tidak menyita namun merekomendasikan kepada para pelaku usaha untuk memenuhi standar kualitas produk yang baik," ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat berperan aktif menginformasikan kasus keracunan atau indikasi lainnya akibat mengonsumsi minuman suplemen untuk stamina tersebut.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014