Pangkalpinang, (Antaranews Babel) - Harga sembilan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional dan moderen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih bertahan normal pascaperayaan Natal, karena persediaan sembako cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat di daerah itu.

"Alhamdulillah harga beras, minyak goreng, gula pasir, daging, cabai, bawang dan lainnya," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Mashun di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional dan moderen pada Rabu pagi, harga beras premium masih bertahan normal Rp12.000 per kilogram, beras medium Rp9.900 per kilogram, gula pasir kemasan  Rp13.000 per kemasan dan gula pasir kiloan Rp11.000 per kilogram.

Harga cabai kriting merah bertahan Rp30.000 per kilogram, bawang merah Rp22.000 per kilogram, bawang putih Rp20.000 per kilogram, daging sapi bertahan Rp115.000 per kilogram, daging ayam broiler Rp30.000 per kilogram.

"Stok cukup, karena pasokan sembako dan sayur mayur dari Pulau Jawa dan Sumatera masih berjalan lancar," katanya.

Menurut dia meski liburan Natal dan Tahun Baru 2019 pasokan sembako dari sentra produksi dan pendistribusian barang di pelabuhan ke masyarakat masih berjalan lancar.

Saat ini stok beras mencapai 4.505 ton, gula pasir  sebanyak 521 ton, minyak goreng 430 ton, terigu 210 ton, kacang kedelai 113 ton, kacang tanah 48 ton.

"Diperkirakan harga sembako akan terus bertahan normal hingga awal 2019, karena persediaan yang ada sekarang masih mencukupi hingga awal tahun nanti," katanya.  

Ia menambahkan meski harga sembako normal dan stok mencukupi, namun pengawasan dan kegiatan operasi pasar dalam menjaga stabilitas harga tetap dilaksanakan di sejumlah pasar tradisional.

"Kita tetap melakukan upaya dalam mencegah kenaikan harga sembako ini, agar masyarakat bisa mendapatkan  kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018