Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Satpolair Polres Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan patroli di objek wisata pantai guna meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan di daerah itu.

"Patroli pengamanan kita lakukan di sekitar kawasan pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Lengkuas," kata Kasatpolair Polres Belitung, AKP M. Syarifudin Ginting di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, memasuki musim liburan akhir tahun diprediksikan jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu akan meningkat.

Oleh karena itu, Satpolair Polres Belitung menyiapkan sebanyak enam armada patroli. Diantaranya adalah dua kapal patroli, dua perahu karet dan jetski sebanyak dua unit.

"Kapal patrolinya berada di pulau Lengkuas kami tempatkan di sana. Kemudian untuk patrolinya kami gunakan jetski karena mobilitasnya lebih lincah," katanya.

Patroli laut tersebut dilakukan pada kawasan wisata pantai di daerah itu seperti pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang. Kemudian di sekitar gugusan pulau-pulau yang dikenal dengan wisata "hopping island" seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang dan Pulau Burung.

"Memang waktu sekarang kondisi laut musim barat. Namun kita terus koordinasi dengan BMKG apabila cuaca kurang memungkinkan kita berikan imbauan," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini tinggi gelombang di daerah itu masih dalam kategori aman sehingga kapal-kapal wisata masih diperbolehkan berlayar ke gugusan "hopping island".

"Sejauh ini tinggi gelombang masih. Baik di pesisir pantai dan berlayar ke pulau-pulau," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018