Manggar, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuslih Ihza mengatakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu mengisi masa pensiunnya dengan berwirausaha.

"Jangan merasa pensiun sebagai ASN menjadi momok yang menakutkan, melainkan suatu kondisi dimana mereka yang pensiun memiliki kesempatan cukup lebar untuk berwirausaha," katanya di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, sembilan dari 10 pekerja di Indonesia belum siap menghadapi masa pensiun, bahkan ada yang tidak sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Justeru itu, diharapkan ASN Kabupaten Belitung Timur dapat menciptakan peluang usaha kewirausahaan untuk mengisi waktu luang dan sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan," ujarnya.

Idealnya masa pensiun adalah dimana seseorang tinggal menikmati kejayaan hidupnya. Punya usaha sampingan dan membuka lapangan pekerjaan baru, seperti bercocok tanam, punya kapal ikan, kontrakan serta berbagai bisnis lainnya.

"Justeru itu, rencanakan masa pensiun sejak dini, apa saja peluang usaha yang bisa dilakukan dicoba," ujarnya.

Ia mengatakan, masa pensiun merupakan masa bahagia yang harus dinikmati. Mengingat usia yang selalu menua tidak dapat dihindari setiap manusia.

"Bukan hanya mengandalkan uang pensiun semata, ASN yang pensiun juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang bermanfaat bagi masyarakat serta daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019