Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat produksi sampah rumah tangga maupun industri di daerah itu mencapai 82,36 ton perhari. 

"Timbunan sampah di Bangka Selatan dari delapan kecamatan yang ada mencapai 82,36 ton perhari," Kata Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, Gatot Wibowo di Toboali, Senin. 

Ia mengatakan dari delapan kecamatan yang ada di Bangka Selatan produksi sampah rumah tangga maupun industri paling banyak,  berasal dari Kecamatan Toboali.

"Sisa-sisa pembuangan yang bersumber dari rumah tangga maupun industri paling banyak dari kecamatan Toboali mencapai sekitar 32,29 ton perhari," katanya. 

Menurut dia, dengan jumlah produksi sampah yang banyak saat ini, kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) yang di miliki Bangka Selatan masih bisa untuk menampung sampah tersebut.

"Luas TPA saat ini mencapai empat hektare dan ada panambahan lahan seluas 4,9 hektare yang baru dibebaskan akhir tahun 2018 dengan jumlah luas yang Bangka Selatan miliki saat ini,  saya rasa masih mampu untuk menampung produksi sampah yang berasal dari seluruh kecamatan," katanya. 

Rencananya pemda akan memperluas kapasitas TPA yang ada di Bangka Selatan guna mempermudah dalam mengolah sisa-sisa pembuangan dari rumah tangga dan industri. 

"Rencananya kedepan kami akan menambah luas TPA yang ada di Bangka Selatan mencapai 15 hektar," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019