Koba, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membantu mencari pangsa pasar cabai merah para petani yang tergabung dalam kelompok di daerah itu.

"Kami akan bantu mencari pangsa pasar hingga keluar daerah, ini bagian dari upaya untuk mewujudkan swasembada cabai merah," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah menyediakan lahan seluas 102 hektare untuk mempercepat swasembada cabai merah di daerah itu.

"Jika lahan seluas itu mampu digarap secara maksimal oleh kelompok tani, maka saya optimistis swasembada cabai merah bisa terealisasi tahun ini," ujarnya.

Sekarang ini, kata dia, tinggal lagi mencari pangsa pasar cabai merah tidak hanya pasar lokal tetapi juga pasar luar daerah karena pasar sangat menentukan untuk menuju swasembada cabai merah.

"Penambahan lahan tanam tentu akan meningkatkan produksi, kalau produksi sudah tinggi tentu harus diimbangi dengan pangsa pasar karena percuma produksi banyak kalau hanya mengandalkan pasar lokal," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini produksi cabai merah sudah mampu memenuhi konsumsi masyarakat sebesar 86 persen.

"Jika tahun ini lahan tanam diperluas maka produksi akan tinggi, maka tidak hanya mampu memenuhi konsumsi lokal terhadap cabai merah tetapi juga bisa melakukan ekspansi pasar cabai merah hingga ke luar daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019