Koba, (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menandatangani nota kesepahaman atau  "memorandum of understanding (MoU)" dengan Polisi Resor setempat sebagai bentuk komitmen menjalankan program "bike to school".

Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman di Koba, Minggu, mengatakan, kerja sama ini sangat penting untuk lebih serius menjalankan program yang memiliki manfaat bagi masyarakat terutama kalangan pelajar.

"Kami melihat kegiatan yang dipelopori aparat kepolisian ini sangat bagus, tentu harus kami dukung dan ke depan akan terus dibiasakan menggunakan sepeda di masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, jika sudah dilakukan secara rutin setiap bulan menggunakan sepeda maka secara tidak langsung masyarakat sudah berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan udara segar bebas polusi.

"Disamping itu juga membantu aparat kepolisian dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kebanyakan menimpa kalangan generasi muda," katanya.

Sementara Kapolres Bangka Tengah AKBP M Zainul mengatakan, program "bike to school" dalam upaya mengurangi angka fatalitas kecelakaan di kalangan pelajar.

"Selain itu juga untuk mengurangi polusi udara, menyehatkan masyarakat khususnya para pelajar, mengurangi penggunaan sepeda motor yang berdampak menurunnya angka kecalakaan, mendidik para pelajar tentang etika berlalu lintas dan sebagai sarana promosi daerah dalam mencetak bibit atlet," jelasnya.  
    
Ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan baik digelar pemerintah daerah maupun sekolah masing-masing yang dipelopori oleh gurunya.

"Pemerintah daerah memberi respons penuh terhadap kegiatan ini, bahkan langsung teken MoU sebagai komitmen untuk melaksanakan kegiatan seperti ini secara berkelanjutan," ujarnya.

MoU itu ditandatangani Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman bersama Kepala Dinas Pendidikan Sugianto, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Wahyu Nurrakhman, Kepala Dinas Kesehatan Bahrun S Sutrisno dan perwakilan Asuransi Jasa Raharja Cabang Pangkalpinang dengan Kapolres AKBP M Zainul.

Kegiatan "bike to school" yang digelar pada Minggu pagi itu diikuti sekitar 1.500 pelajar SD, SMP dan SMA, dimulai di Mapolres Bangka Tengah dan berakhir di Pantai Kebang Kemilaw Kelurahan Arung.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014