Tanjungpandan, Belitung (Antaranews Babel) - Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Belitung bisa meraih status sebagai Unesco Global Geopark pada 2019, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Untuk menjadi destinasi kelas dunia maka tidak ada pilihan buat Belitung selain menjadi Unesco Global Geopark," katanya saat menghadiri seminar nasional Geopark Belitung menuju Smart Tourism di Sijuk, Selasa.

Menurut dia, dengan diraihnya status itu akan memudahkan promosi dan menjual Belitung yang merupakan "10 Bali baru" sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Ia menilai, pertumbuhan kunjungan wisatawan di daerah itu setiap tahunnya cukup bagus, apabila berhasil meraih status Unesco Global Geopark maka dipastikan jumlah kunjungan wisatawan  terus meningkat.

"Target kunjungan 500 ribu wisatawan kemudian 15 ribu wisman sudah cukup baik namun belum bisa menjadikan Belitung sebagai destinasi wisata pertama kelas dunia," ujarnya.

Ia menyebutkan tahun ini ada dua destinasi yang diusulkan meraih status Unesco Global Geopark diantaranya adalah Danau Toba dan Belitung.

Ia berharap, pemerintah daerah tetap fokus untuk meraih status Unesco Global Geopark dengan dukungan semua pihak.

"Siapa yang paling "commited" ialah kemungkinan yang akan menjadi Unesco Global Geopark maka saya harapkan Belitung bisa meraih itu karena Belitung adalah 10 Bali Baru," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019