Manggar, Belitung Timur (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih predikat nilai B terhadap Hasil Evaluasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) 2018.

"Nilai Sakip 2018 tersebut meningkat jika dibandingkan dengan 2017 yang hanya mendapat nilai CC," kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pemkab Belitung Timur, Suzana Linggawati di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri KemenPAN-RB, Syafruddin kepada Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi di Trans Luxury Hotel Bandung.

"Evalusi ditujukan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban kinerja pemerintah dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang dalam melaksanakan sasaran program dan kegiatan berorientasi kepada hasil (outcome) serta lebih mengutamakan program yang mendukung visi misi kepala daerah dengan memprioritaskan kepada pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, hasil evaluasi tahun ini memperoleh nilai 63,47 atau predikat penilaian B sementara tahun sebelumnya CC dengan nilai 57,77.

"Evaluasi itu merupakan penilaian  Tim evaluator dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung atas nama KemenPAN-RB,” ungkap Susi sapaan akrab Suzana.

Adanya peningkatan penilaian, menurut Susi lantaran program kerja OPD di Pemkab Beltim sudah jauh lebih baik dan sesuai dengan tujuan dan visi misi Kepala Daerah. Kekurangannya, OPD  harus lebih mengutamakan program  pemberdayaan masyarakat yang mendukung visi misi kepala daerah.

"Sekarang kinerja kita sudah on the track, atau apa yang diminta itu yang dikerjakan. Tinggal ke depannya kita utamakan program yang berampak pada hasil (outcome) dan program berbasis pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019