Muntok (Antaranews Babel) - Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun sebuah pondok belajar yang diharapkan mampu membantu mencerdasakan anak-anak pesisir di daerah itu.

"Pondok belajar yang dilengkapi dengan berbagai macam buku bacaan ini kami harapkan bisa memberi tambahan bekal ilmu pengetahuan bagi anak-anak pesisir," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Satpolair Iptu Ferry Gunadi di Muntok, Sabtu.

Pondok belajar yang berada di kampung nelayan Lembong, Kelurahan Tanjung, Muntok tersebut dibangun cukup representatif dilengkapi meja, kursi dan papan tulis.

Selain dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan bahan bacaan yang sesuai, keberadaan pondok itu juga bisa dimanfaatkan untuk tempat belajar tambahan bagi anak-anak di sekitarnya.

"Kami berharap keberadaan pondok belajar itu bisa memberi sumbangsih dalam mencerdaskan anak-anak pesisir," katanya.

Ia menambahkan, keberadaan pondok belajar juga bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk berbagi ilmu, pengalaman dan berbagai informasi yang bisa memajukan kesejahteraan warga pesisir.

"Ini merupakan salah satu terobosan inovatif kami agar semakin dekat dengan masyarakat sekaligus mencerdaskan anak-anak pesisir Tanjung Laut, Muntok," katanya.

Para personel Satuan Polair juga sering kali terlibat langsung dalam aktivitas keseharian memberi pelajaran tambahan kepada anak-anak pesisir yang ada di pondok tersebut.

Mereka tidak canggung dalam berbagi ilmu tentang kelauatan, nelayan, pelajaran sekolah sesuai yang dibutuhkan anak-anak.

"Terbinanya semangat belajar dan budaya membaca kami harapkan bisa meningkatkan gairah belajar generasi muda di daerah itu sehingga mereka nantinya mampu belajar mandiri demi tercapainya cita-cita yang mereka inginkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019