Solo (ANTARA Babel) - Wakil Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyatakan bahwa dua tipe mobil Esemka yang telah memperoleh sertifikat uji tipe (SUT) kini dapat diproduksi secara massal.

"Tipe Esemka yang memperoleh SUT dan serangkai uji laik jalan adalah  Esemka SUV Rajawali dan jenis truk Esemka Bima," kata Rudyatmo di Solo, Selasa.

Mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) tersebut, kata Rudyatmo, akan diproduksi massal oleh  PT Solo Manufaktur Kreasi mulai tahun 2013.

Perseroan Terbatas (PT) Solo Manufaktur Kreasi sebelum memproduksi massal, kata dia, akan menyelenggarakan pameran terbuka prototipe mobil Esemka di Stadion Manahan Solo pada tanggal 10 November.

Menurut Rudyatmo, pameran tersebut juga membuka kesempatan adanya pesanan dari pihak konsumen. Kemampuan awal  produksi Esemka sebanyak 200 unit /bulan.

"Mobil Esemka Rajawali harganya sekitar Rp95 juta per unit dan Esemka Bima Rp65 juta hingga Rp70 juta per unit," katanya.

Menyinggung soal rencana mobil dinas untuk Wali Kota Surakarta, dia mengatakan akan menggunakan mobil Esemka. Hal ini sudah menjadi komitmen berdua dengan Pak Joko Widodo yang kini sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Kami sudah meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ikut memajukan produk automotif buatan dalam negeri ini," katanya.

Mobil Esemka tipe baru diperbarui interiornya serta kapasitas mesinnya diperbesar dari1.500 cc menjadi 2.000 cc.

(B018/D007)

Pewarta: ANTARA

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012