Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kegiatan patroli untuk mencegah kemungkinan terjadinya kejahatan di jalanan.

"Pengamanan dengan pola patroli rutin terus ditingkatkan, bukan hanya dalam kota namun juga hingga pelosok untuk mencegah kejahatan di jalanan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto di Muntok, Rabu.

Berbagai pola pengamanan dalam mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban rerus dilakukan, tidak hanya menggunakan mobil patroli yang sudah tersedia di seluruh polsek.

Pihaknya juga melakukan terobosan dalam melakukan patroli, yaitu dengan menggunakan sepeda untuk memudahkan dalam menjangkau daerah yang sulit dijangkau kendaraan roda empat.

"Patroli bersepeda juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran personel," katanya.

Selain menggiatkan patroli, personel juga ditugaskan untuk melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman hukum kepada masyarakat.

Dengan kehadiran personel di tengah masyarakat diharapkan akan memudahkan dalam koordinasi sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Pola pengamanan bersepeda sudah dilakukan beberapa kali yang dilakukan Kapolres bersama para anggota di sejumlah objek wisata, salah satunya Pantai Pasirkuning, Tempilang beberapa hari lalu.

Pada kesempatan itu, Polres Bangka Barat juga menyalurkan bantuan pembangunan Masjid Al Hidayah, pemberian tali asih dan pembagian bahan pokok kepada warga miskin di desa itu.

"Kami berharap pola baru berupa patroli sekaligus anjang sana tersebut bisa meningkatkan silaturahim antara polisi dengan warganya, sekaligus meningkatkan kepekaan sosial para personel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019