Komunitas Literasi bekerjasama dengan Polda Bangka Belitung menggelar lomba menulis opini untuk meningkat minat baca masyarakat di daerah itu.

"Lomba menulis opini ini dengan tema Demokrasi di Mata Milenial Zaman Now untuk kategori semua kalangan," kata Ketua Literasi Babel, Feriyandi di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, naskah dikirim pada 5 hingga 17 Maret 2019, penilaian naskah dari juri pada 17-22 Maret 2019 sedangkan pengumuman pemenang pada 23 Maret 2019. Lomba menulis opini ini memperebutkan piala bergilir Kapolda Babel ke-1 Tahun 2019," ujarnya.

"Para juri sangat berkompeten dibidangnya yakni bekerjasama dengan akademisi Universitas Bangka Bitung (UBB),  Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Babel dan Media Online Indonesia (MOI) Babel. Para juri kita pastikan bekerja melakukan penilaian secara profesional," kata pria yang biasa dipanggil Komeng itu.

Ia menyatakan, pengurus dan anggota Komunitas Literasi Babel tidak diperkenankan mengikuti lomba menulis tersebut dan hanya dibuka untuk umum.

"Dalam melaksanakan kegiatan ini kami bekerjasama dengan Polda Bangka Belitung, dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan lomba hanya bentuk instrumen saja untuk membangkitkan gairah membaca masyarakat Babel yang masih rendah.

"Berbagai cara kami lakukan untuk meningkatkan minat baca, sebelumnya kami sudah mendirikan beberapa pojok baca di beberapa warung kopi dan sekarang menggelar lomba menulis opini," ujarnya.

Pihaknya juga siap bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan mensinergikan program untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan tentu memiliki program dalam rangka meningkatkan minat baca,  kami siap bekerjasama membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019