Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan fungsi program pemilu guna mengantisipasi pelanggaran yang terjadi di daerah itu.

"Program patroli pemilu ini merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan terhadap pelanggaran pemilu yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan dalam rangka menjalankan amanat Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, dalam melakukan pencegahan terhadap pelanggaran pemilu pengawas pemilu dituntut untuk dapat berinovasi, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar.

"Mendekati hari pengumutan suara 17 April 2019 mendatang, suhu politik semakin memanas dan arus politik semakin deras sudah sangat terasa, untuk menggiring situasi politik yang positif dan menjaga keadaban berpolitik kami akan melakukan patroli pemilu bersama dengan Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa," katanya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan program patroli pemilu Bawaslu Bangka Selatan juga akan melibatkan pihak Kepolisian dan bersilaturahmi ke Stakeholders, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda yang ada didesa setempat.

"Kami berharap melalui program patroli l Pemilu ini dapat mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar di Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019